Sabtu, 14 Desember 2013

Menikmati Ilmu

Sebuah Pemikiran Terkumpul dan Tertuang pada Tulisan,

Membuka wikipedia bahasa Indonesia, Ilmu merupakan seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan, dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. segi-segi ini memiliki batasan dan rumusan pandangan masing-masing.

Pengertian ilmu secara umum itu, dapat kita perjelas lagi bahwa ilmu adalah teori-teori, langkah-langkah, pendapat yang terproses dengan suatu penelitian yang teruji baik secara ilmiah ataupun nalar-logika sehingga terbentuk kesimpulan dan dijadikan suatu ilmu untuk ketatanan hidup manusia dengan makhluk hidup serta alamnya.

Ilmu seseorang dapat diterima melalui banyak jalan, terutama melalui jalur resmi pendidikan seperti sekolah dan kuliah. penerimaan ilmu seseorang beranekaragam sesuai faktor-faktor yang mempengaruhi, baik dari geografis (letak negara/tempat tinggal,/daerah), status sosial (kesejahteraan seseorang), batin dan fisik (mental sehat/terganggu kondisi fisik). Dari faktor-faktor tersebut dapat tergambarkan bagaimana penerimaan ilmu terhadap seseorang perlu cara yang sesuai.

Dari tulisan ini, saya hanya ingin berbagi bahwa ilmu adalah suatu hal yang penting dalam menjalankan hidup, tidak hanya ilmu pengetahuan yang dipelajari sepanjang masa sekolah dan kuliah, namun ilmu-ilmu yang memiliki fungsi demi ketatanan hidup apalagi bagi manusia beragama, dan tidak ada yang tidak mungkin bagi seseorang yang memiliki banyak faktor kekurangan, termasuk saya.

Diujung langkah penghabisan pencarian ilmu pengetahuan ini, dengan perlahan mempersiapkan ketamatan dengan menyusun lembaran data yang akan terkumpul dan terbentuk menjadi satu jilidan berharga, yang ditunggu-tunggu, yang diidam-idamkan, terpanggil nama panjang yang lengkap dengan satu gelar Sarjana Sastra, berharap segera terwujud.

Tulisan pemikiran kali ini yang terkumpul, tergambarkan begitu nikmat mencari, menerima, dan memahami ilmu yang didapat, terlebih jika dapat berbagi dan saling merasakan manfaatnya sebuah ilmu.


--------------------------------------------------------------------------------------------------


mengenang:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar