Minggu, 24 November 2013

Dampak Perkembangan Kepariwisataan-tugas3-kepariwisataan1



Dampak Perkembangan Kepariwisataan

1.      Latar Belakang
Perkembangan industri wisata di Indonesia terbilang maju, meningkat jumlah wisatawan  lokal maupun internasional yang berkunjung ke tempat wisata yang ada di Indonesia, bertambahnya jalur dan rute baru, investasi besar-besaran di bidang pariwisata, meningkatnya sarana akomodasi, sampai pada perbaikan infrastruktur, semua ini pembuktian berkembangnya industri wisata di Indonesia.

Perkembangan pariwisata pun dirasakan di negara lain, yang mana industri pariwisata menjadi salah satu industri terpenting di dunia, sebagaimana industri wisata sangat mempengaruhi pula perkembangan berbagai bidang suatu negara khususnya dalam bidang ekonomi suatu negara.

Sebagai industri yang paling mempengaruhi perkembangan ekonomi dan berhubungan dengan kesejahteraan bangsa dari hasil industri kepariwisataan, namun pada kenyataannya pariwisata missal ini malah banyak mendampakkan efek negatif dibandingkan efek positif, terutama dalam bidang sosial-budaya dan lingkungan.

Wisatawan merupakan salah satu faktor pembawa dampak perkembangan tersebut, dengan ini akan dibahas dampak perkembangan wisata secara umum dengan mencontohkan dampak wisata asing di wisata Bali.

2.      Dampak Perkembangan Pariwisata Secara Umum
Pengolahan demi mengembangankan pariwisata dapat menimbulkan pengaruh yang tidak dapat dihindari mendampakkan berbagai hal pada suatu wilayah atau daerah wisata.

Dari pendapat John. M. Bryden (1973), Abdurrachmat dan dan E. Maryani (1998: 79) mengemukakan bahwa penyelenggaraan dalam pengelolaan pariwisata dapat memberikan beberapa dampak positif, yaitu:
a.       Penyumbang devisa negara
b.      Menyebarkan pembangunan
c.       Menciptakan lapangan kerja
d.      Memacu pertumbuhan ekonomi melalui dampak pengadaan
e.       Wawasan masyarakat tentang bangsa-bangsa di dunia semakin luas
f.       Menolong semakin meningkatnya pendidikan dan keterampilan penduduk
Untuk dampak positif yang timbul dalam  pengembangan pengelolaan pariwisata, yaitu:
a.       Semakin ketatnya persaingan harga antar sektor
b.      Harga lahan yang semakin tinggi
c.       Mendorong timbulnya inflansi
d.      Bahaya terhadap ketergantungan yang tinggi dari negara terhadap pariwisata
e.       Meningkatkan kecenderungan impor
f.       Menciptakan biaya-biaya yang banyak
g.    Perubahan system menilai moral, etika, kepercayaan, dan tata pergaulan masyarakat, misalnya mengikis bergotong-royong, sopan-santun, dan lainnya.
h.      Memudahkan kegiatan mata-mata dari penyebaran obat terlarang
i.        Dapat meningkatkan pencemaran lingkungan seperti sampah, vandalism (coret-coret), rusaknya habitat flora dan fauna tertentu, polusi air, udara serta tanah, dsb

Dari pendapat Cholen (1984), dampak pariwisata terhadap kehidupan masyarakat lokal dalam bidang sosial ekonomi, yaitu;
1.      Dampak terhadap penerimaan devisa
2.      Dampak terhadap pendapatan masyarakat
3.      Dampak terhadap kesempatan kerja
4.      Dampak terhadap harga-harga
5.      Dampak terhadap distribusi
6.      Dampak terhadapkepemilikan dan control
7.      Dampak terhadap pembangunan pada umumnya
8.      Dampak terhadap pendapatan pemerintah

3.      Dampak Perkembangan Wisata Asing, di Bali
Dalam perkembangan wisata asing, akan dijelaskan melalui contoh salah satu tempat wisata yang telah dikenal di Indonesia, yaitu wisata Bali.

Perkembangan Wisata Bali
Sejak tahun 1914, Bali telah dikenal menjadi tempat wisata yang mana diawali dengan kapal Belanda KPM membawa wisatawan ke pulau Bali, semenjak itu wisatawan mulai berdatangan mengunjungi pulau Bali meskipun masih dengan jumlah wisatawan yang terbatas. (sumber: http//www.balichemist.com)

Pada tahun 1969, pelabuhan udara internasional, I Gusti Ngurahrai mulai aktif,dan pada tahun 1996, mulai dibangunnya Hotel Bali Beach, semenjak itu perkembangan pariwisata semakin berkembang pesat, meskipun tetap sering mengalami fluktuasi.

Sebagai andalan penghasil devisa terbesar negara karena menjadi tempat wisata yang paling ingin dikunjungi oleh wisatawan lokal dan terutama wisatawan asing. Keuntungan besar ini menjadikan pembangunan pariwisata terus-menerus di Bali. Namun kemampuan lingkungan untuk mengimbangi keepatan perkembangan tersebut mulai menimbulkan konflik yang semakin mengkhawatirkan dalam pemanfaatan sumber daya alam demi pembangunan pariwisata yang menerus di Bali.

Dampak Perkembangan Wisata Bali
Dengan memaksimalkan pengembangan wisata di Bali, banyak hal yang dilakukan pemerintah untuk terus-menerus menindak sesuatu secara keras terhadap pariwisata. Ada beberapa bidang yang terpengaruh dari tindakan pengembangan pariwisata di Bali, yaitu; bidang sosial-budaya dan lingkungan.

·         Bidang sosial-budaya
Penduduk Bali sudah pasti merupakan andalan yang dijadikan pelayan wisatawan yang berwisata ke Bali, karena memaksimalkan pengembangan wisata, banyak menimbulkan perubahan besar dalam berinteraksinya penduduk Bali.

Hal ini juga berhubungan erat dengan budaya bangsa Indonesia, dampak yang terjadi dapat berupa dampak positif dan negatif, seperti contoh penambahan pendidikan ilmu pengetahuan luas tentang dunia, salah satunya bertambah pengetahuan bahasa yang mana sekarang penduduk Bali yang bekerja di kepariwisataan khususnya mengutamakan dapat berbicara bahasa asing, misalnya bahasa Inggris.

Namun dampak negatif yang terjadi pada sosial-budaya pada wisata Bali lebih terlihat luas sampai mempengaruhi ke luar pulau Bali, dapat ambil contoh dari perubahan trend budaya barat yang merajai bangsa Indonesia, sehingga perlahan budaya bangsa sendiri mulai luntur dan menjadi kebarat-baratan, yang menghkhawatirkannya kebarat-baratannya itu mendampakkan wisatawan lokal lebih bangga berkunjung ke luar negara dibanding berkunjung ke tempat wisata yang ada di negaranya sendiri.

·         Lingkungan (alam)
Pada bidang ini, dampak positif dari pengembangan wisata dengan usaha selalu menciptakan dan membangun hal-hal sesuai permintaan pasar wisata mendampakkan penambahan keindahan, penataan daerah wisata serta mempengaruhi keindahan kota serta kebanggan tersendiri.

Namun pembangunan yang terus-menerus ini dapat mengakibatkan dampak negatif, apalagi pembangunan yang hanya mementingkan permintaan pasar, sebagaimana wisata asing merupakan pengunjung yang memiliki budaya tinggi akan kemodernannya, maka pembangunan di lingkungan alam ini tidak lagi terbatasi budaya dan aturan ketatanan atau keseimbangan alam. Ini juga lah yang dapat menimbulkannya pemanasan glonbal dan bencana alam yang tak tersadari.

dibuat oleh: Shely Rizkia M 
Kepariwisataan1 - tugas3 - 3sa02


Sumber info pdf :

http://file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR._PEND._GEOGRAFI/197210242001121-BAGJA_WALUYA/GEOGRAFI_PARIWISATA/Dampak_Pariwisata.pdf

http://www.pps.unud.ac.id/thesis/pdf_thesis/unud-354-1730455163-isi%20tesis%20indonesia%20-%20ddip%20kajian%20pariwisata%20udayana%20%28fajriyatul%20hajjah,%20se%29.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar